Kamis, 20 Juni 2019

KONTAK PERKASA FUTURES - Berkat BI, Rupiah Semakin Perkasa


PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 20/06/2019 -  Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Sepertinya pernyataan dari Bank Indonesia (BI) berhasil mendorong laju penguatan rupiah. 

Pada Kamis (20/6/2019) pukul 15:08 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.175. Rupiah menguat 0,63% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya dan menyentuh posisi terkuat sejak 26 April. 
Rupiah mengawali perdagangan dengan penguatan 0,18%. Namun selepas itu gerak rupiah relatif terbatas. 

KONTAK PERKASA FUTURES
Dorongan bagi rupiah hadir dari pernyataan BI. Hari ini, BI memang mempertahankan suku bunga acuan di angka 6%. Akan tetapi, Gubernur Perry Warjiyo berjanji akan menurunkan suku bunga acuan. 
"Penurunan suku bunga, ke depan akan kita lakukan. Ini masalah timing. Kita akan lihat kondisi pasar global ke depan seperti apa," ungkap Perry. 

Penurunan suku bunga akan membuat dunia usaha dan rumah tangga bisa melakukan ekspansi, yang menjamin pertumbuhan ekonomi akan lebih baik. Prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cerah menjadi alasan Indonesia menjadi tujuan favorit penempatan dana. 
Selain itu, penurunan suku bunga juga tidak otomatis membuat pasar keuangan Indonesia kurang kompetitif. Walau mungkin imbal hasil (yield) obligasi pemerintah akan turun, tetapi pasti masih lebih menarik dibandingkan negara-negara tetangga. 
Contoh, saat ini yield obligasi pemerintah tenor 10 tahun ada di 7,496%. Meski terus turun dalam sembilan hari hari terakhir, tetapi masih lebih tinggi dibandingkan instrumen serupa di India (6,76%), Filipina (5,14%), Thailand (2,14%), sampai Malaysia (3,662%).
Apalagi tren suku bunga global juga sedang turun. The Federal Reserves/The Fed, Bank Sentral Uni Eropa (ECB), sampai Bank Sentral Jepang (BoJ) ramai-ramai mengeluarkan penyataan dovish, yang membuka peluang penurunan suku bunga acuan. Ini tentu membuat pasar keuangan Indonesia tetap mampu bersaing.

Apalagi investasi di Indonesia kini semakin aman, terbukti dari kenaikan peringkat utang dari Standard and Poor's (S&P). Masih memberi cuan plus lebih aman, Indonesia tentu menjadi tujuan investasi yang menarik.
Smber : cnbcnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar