Selasa, 05 Februari 2019

Selamat! Saham Infrastruktur Naik Tertinggi di Januari


PT KONTAK PERKASA FUTURES BALI 05/02/2019 - Selama bulan Januari 2019, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bisa dikatakan cukup membanggakan. Kenaikan IHSG yang cukup tinggi beriringan dengan optimisme pelaku pasar terhadap prospek perekonomian Indonesia pada 2019.

Mengacu kepada data bursa Efek Indonesia (BEI) awal Februari ini, posisi IHSG berada di nomor tiga kawasan ASEAN serta nomor lima kawasan Asia Pasifik. Kencangnya laju indeks saham nusantara tersebut pastilah ditopang oleh kinerja sektor yang berada di dalamnya.

Pada bulan pertama tahun politik ini, sektor yang lajunya paling kencang ternyata sektor infrastruktur dengan kenaikan 9,97%. Sektor tersebut digerakkan oleh emiten yang berbasis telekomunikasi. Sektor ke dua yang merangsek naik adalah pertambangan yang mengalami kenaikan 8,3%.
PT KONTAK PERKASA




Ciamiknya kinerja sektor-sektor yang ada di dalam IHSG tersebut seiring dengan masuknya dana-dana asing (foreign inflow). Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) selama Januari 2019, total dana atau net buy (beli bersih) investor asing mencapai Rp 14,36 triliun.



Salah satu sentimen yang mendorong indeks dapat berlari lebih kencang kebijakan the Fed yang memenuhi janjinya untuk tidak menaikkan suku bunga. Pada pekan lalu, The Federal Reserves (The Fed) dalam Federal Open Market Committee (FOMC) meeting menahan suku bunga acuannya di 2,25-2,5% atau median 2,375%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar