Selasa, 10 Oktober 2023

Dolar Melemah Saat Pernyataan The Fed yang Dovish Menurunkan Ekspektasi Suku Bunga


 
PT KONTAKPERKASA FUTURES BALI 10/10/2023 - Dolar melemah pada hari Selasa (10/10) seiring dengan ekspektasi suku bunga AS dan penurunan imbal hasil Treasury karena investor mendeteksi adanya sedikit perubahan dovish dalam nada bicara pejabat Federal Reserve.


Yen mempertahankan kenaikan kecil karena kekerasan di Timur Tengah mendukung pembelian aset-aset safe-haven, dan terakhir diperdagangkan kuat pada 148,34 per dolar. Franc Swiss juga menguat dan naik tipis pada 0,9045 terhadap dolar.

Euro naik 0,1% di awal perdagangan Asia menjadi $1,0580. Shekel Israel stabil di 3,95 terhadap dolar, turun dari level terendah dalam delapan tahun, setelah bank sentral menjanjikan penjualan valuta asing sebesar $30 miliar.

Investor bersiap menghadapi konflik berkepanjangan setelah serangan akhir pekan oleh militan Palestina – dan pembalasan Israel – yang telah merenggut lebih dari 1.500 nyawa.

Namun komentar dari dua pejabat The Fed membalikkan keadaan dan perkiraan suku bunga AS semalam setelah mencatat aksi jual obligasi baru-baru ini mungkin meniadakan perlunya kenaikan lebih lanjut.


“Jika suku bunga jangka panjang tetap tinggi karena premi jangka yang lebih tinggi, mungkin kebutuhan untuk menaikkan suku bunga The Fed berkurang,” kata Presiden Fed Dallas Lorie Logan – sebuah perubahan penting dari retorika hawkish sebelumnya.

Wakil Ketua Fed Philip Jefferson mengatakan bank sentral perlu “melanjutkan dengan hati-hati” mengingat kenaikan imbal hasil baru-baru ini. Perkiraan yang tersirat di masa depan untuk kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed lagi tahun ini turun dari di atas 40% pada minggu lalu menjadi sekitar 26% pada hari Senin.

“Sejumlah pejabat lainnya, termasuk Gubernur Fed Christopher Waller, dijadwalkan untuk berbicara hari ini. Pasar akan mencermati komentar mereka untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai jalur kebijakan (Fed),” kata ahli strategi CBA Carol Kong dalam sebuah catatan.

Imbal hasil Treasury sepuluh tahun, yang telah meningkat, turun lebih dari 13 basis poin menjadi 4,63% pada pembukaan di Tokyo pada hari Selasa karena keringanan suku bunga dan spekulasi safe-haven setelah pasar tunai tutup untuk Hari Columbus pada hari Senin.

Sterling sedikit menguat terhadap dolar pada $1,2244. Terhadap dolar Australia dan Selandia Baru, greenback juga melemah sedikit, dengan Aussie naik 0,2% menjadi $0,6420 dan kiwi naik 0,2% menjadi $0,6031.

Kembalinya Tiongkok dari liburan satu minggu membuat mata para pedagang kembali fokus pada perbaikan harian kisaran perdagangan yuan, yang selama berminggu-minggu jauh lebih kuat dari ekspektasi pasar.

Menjelang pembukaan di dalam negeri, yuan mempertahankan kenaikan semalam untuk diperdagangkan tepat di atas rata-rata pergerakan 50 hari di pasar luar negeri pada 7,2876 per dolar.(mrv)

Sumber : Reuters(END)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar